Monday, December 7, 2015

Asus Zenfone Selfie


Belum lama ini kita baru saja membahas mengenai Zenfone 2, sebagai sebuah Smartphone yang paling menyenangkan. Namun rupanya itu belum cukup bagi Asus, hingga kini merilis seri Selfie yang sesuai dengan namanya, akan menjadi semakin menyenangkan bagi para penggemar Selfie!
Sebagai pengguna kedua Smartphone terbaik dari Asus ini, sangat sulit rasanya untuk menulis review tanpa membandingkan keduanya! Sehingga pembahasan kita pada kali ini akan banyak mengadakan perbandingan, seperti yang ingin diketahui oleh banyak orang.


Dengan ukuran yang sama persis dengan Zenfone 2, secara sepintas tampilannyapun sangat mirip. Hanya saja seperti yang tampak pada gambar di atas, kini tampilan muka lebih clean tanpa menggunakan logo Asus. Suatu hal yang jarang terjadi, mengingat kebanyakan Smartphone Android selalu meletakkan logo Brand mereka pada bagian muka. Juga kini terdapat lensa kamera, seukuran lensa pada front kamera Zenfone 2, lengkap dengan Dual LED Real Tone Flash.

Front kamera tersebut merupakan perbedaan utama dari keduanya, dimana Zenfone 2 hanya memiliki resolusi 5 Mega-Pixel, sementara Zenfone Selfie memiliki resolusi 13 Mega-Pixel. Sehingga foto yang dihasilkan lebih detail, terang dan jernih. Dilengkapi dengan realtime Beautification untuk menyeimbangkan wajah, menghilangkan kerut dan menghaluskan kulit, smartphone ini akan sangat memanjakan para penggemar Selfie!

Namun bukan hanya itu saja, Smartphone yang didesain khusus untuk penggemar photography ini juga memiliki kelebihan pada Back Kamera. Meskipun sama-sama memiliki resolusi 13 Mega-Pixel dengan Zenfone 2, namun Zenfone Selfie menggunakan teknologi laser auto-focus untuk kecepatan saat pengambilan gambar, khususnya pada jarak dekat untuk hasil gambar yang lebih fokus dan stabil. Juga dengan beberapa perbaikan seperti auto exposure yang lebih baik, white balance yang lebih halus dan cenderung memiliki tone yang lebih hangat dibalik pencahayaan buatan, juga mengatasi noise dengan lebih baik sehingga hasil lebih jernih.

Sejauh ini bisa diasumsikan bahwa Rear Kamera dari Zenfone Selfie, lebih merupakan penyempurnaan dari kamera Zenfone 2 yang sudah sangat baik.


Untuk pengaturan yang lebih detail, terdapat Manual mode dengan 13 jenis control yang bisa diatur secara manual. Sebuah fitur yang biasanya hanya terdapat pada sebuah digital kamera.

Sebagian orang mungkin bertanya, mengapa untuk type Selfie Asus tidak menggunakan Intel seperti pada Zenfone 2. Mengingat prosesor tersebut lebih powerful dan Asus memiliki hubungan yang sangat baik dengan Intel. Kemungkinan besar selain untuk menekan harga, prosesor Snapdragon 615 yang digunakan lebih hemat energy, sehingga lebih sesuai untuk mereka yang ingin foto-foto seharian tanpa perlu kehabisan batere. Meskipun untuk urusan gaming, saya tetap memilih Zenfone 2. Namun untuk keperluan sehari-hari dan photography khususnya, Zenfone Selfie sudah memiliki power yang lebih dari cukup untuk menjalankan semua aplikasi dengan lancar dan cukup bertenaga.

Ditambah lagi, batere dengan ukuran yang sama sebesar 3000 mAh pada Zenfone Selfie kini dapat diganti dengan mudah, sebuah fitur yang amat disayangkan tidak terdapat pada Zenfone 2. Namun Zenfone 2 memiliki fitur Fast Charging yang menurut saya sangat penting, dimana fitur ini tidak terdapat pada Zenfone Selfie. Juga bila Zenfone 2 masih menggunakan Gorilla Glass 3 untuk displaynya, Zenfone Selfie sudah menggunakan Gorilla Glass 4 dengan response yang lebih sensitif dan akurat termasuk saat menggunakan sarung tangan.

Untuk koneksi kedua slot SIM Card dapat menggunakan koneksi 4G, meskipun harus secara bergantian. Dimana pada Zenfone 2, hanya slot 1 yang dapat digunakan untuk 4G. Namun Zenfone Selfie tidak memiliki fitur NFC seperti Zenfone 2. Kualitas display Full HD 1920 x 1080 pada keduanya sama bagus, hanya saja Zenfone 2 memiliki warna yang sedikit lebih warm.

Kesimpulannya, bagi saya keduanya merupakan pasangan yang sempurna! Untuk bermain game dan brute power saya menggunakan Zenfone 2, sementara untuk foto2 seharian pada berbagai jenis tempat dan kondisi pencahayaan saya menggunakan Zenfone Selfie. Sulit untuk memilih salah satu di antaranya, namun tidak masalah karena saya cukup beruntung untuk memiliki keduanya.


Namun untuk penggemar photography dan Selfie khususnya, bagi saya Zenfone Selfie adalah smartphone terbaik dengan harga yang sangat terjangkau. Istri yang merupakan seorang fashion blogger dan photographer professional, dengan kamera DSLR beserta koleksi lensanya pun sangat menyukai Zenfone Selfie yang amat memudahkannya dalam banyak aplikasi, serta kini bisa menggantikan kamera digital pocket yang selama ini selalu dibawanya kemana-mana. Khususnya dengan pilihan warna back cover dan aksesoris yang lebih fashion dan beragam.


Yang jelas Zenfone Selfie adalah Smartphone terbaik dan paling menyenangkan untuk penggemar Selfie, check it out..Highly Recommended!

Detail info: Zenfone Selfie


  • Platform
    Android 5.0 (Lollipop)
  • Form Factor
    Bar Type
  • Pilihan Warna
    Leather Black/Pure White/Chic Pink/Aqua Blue/Glacier Gray/Sheer Gold
  • Dimensi
    Phone:
    156.5 x 77.2 x 10.8 ~ 3.9 mm (LxWxH)
  • Berat
    170 g (dengan baterai)
    Phone:
  • CPU
    Qualcomm Snapdragon 615 MSM8939
    Qualcomm Snapdragon 616 MSM8939
  • Memori
    2GB/3GB LPDDR3 RAM
  • Storage
    16GB/32GB eMCP Flash
    5GB free lifetime ASUS WebStorage
  • Slot Memori
    Micro-SD card (hingga 128 GB)
  • Teknologi Konektivitas
    WLAN 802.11 b/g/n/ac
    USB
    Bluetooth V4.0
    Dual Micro SIM card
    SIM1 Support2G/3G/4G
    SIM2 Support2G/3G/4G
    Dual SIM Dual Stand By
  • Network Standard
    UMTS/WCDMA/TD-SCDMA/LTE/TDD-LTE/FDD-LTE
    Data Rate: 
    HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps
    DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps
    LTE Cat4:UL 150 / DL 50 Mbps
    2G :
    GSM :
    850(5)/900(8)/1800(3)/1900(2)
    3G :
    WCDMA :
    850MHz/900MHz/1900MHz/2100MHz
    4G :
    FDD-LTE: (WW version)
    2100MHz(1)/1900MHz(2)/1800MHz(3)/850MHz(5)/2600MHz(7)/900MHz(8)/800MHz(20)
    ASUS phone 4G/LTE band compatibility varies by region. Please check compatibility with local carriers If intending to use your ASUS phone outside the original purchase region.
  • Navigation
    GPS, GLONASS, AGPS & BDS
  • Display
    Phone:
    5.5inches, Full HD 1920x1080/403 PPI,
    Scratch Resistant Corning® Glass with anti-fingerprint coating
    Corning® Gorilla® Glass 4
  • Baterai
    Phone:
    3000 mAh Li-Polymer
  • Waktu Siaga
    255 hours
  • Waktu Bicara
    23.1 hours
  • Kamera
    Phone:
    Front 13 Mega-Pixel
    Auto Focus
    Wide View
    PixelMaster
    Rear 13 Mega-Pixel
    Auto Focus
    PixelMaster
  • Slot Audio
    3.5mm
  • Sensor
    Accelerator/G-Sensor/E-Compass/Gyroscope/Proximity/Ambient Light Sensor/Hall Sensor

2 comments:

  1. Everything about Zenfone Selfie is great ! It's so awesome that this smartphone is created especially for 'the selfie lover'.

    ReplyDelete