Monday, April 20, 2015

[Mini Review] Tjokroaminoto



Film ini lebih terasa seperti nonton film dokumentasi...kayaknya orang barat bakal suka nontonin suasana "Jawa"nya. Tp kalo buat anak muda bisa jd agak ngebosenin, soalnya selain panjang filmnya, juga lambat alur ceritanya. G berharap suatu saat di remake lagi secara lebih seru gitu. Rezanya juga lumayan, tapi ga sekeren pas di Habibie....padahal perannya sangat memungkinkan untuk expressive lho...wong gurunya Bung Karno dan ahli orasi. Terlalu datar menurut g...jd ya itu, lebih terasa kyk nonton dokumenter.

Ngeliat beliau dengan kumis Gatot Kacanya, sempet berharap kalo karakternya bs lebih sangar gitu...tapi ternyata orangnya santun banget dan menekankan kemenangan tanpa pertumpahan darah. Ucapan beliau yang sangat terkenal, begitu mengena,
" Hanya ada satu cara untuk berhijrah,

Setinggi-tinggi ilmu
Semurni-murni tauhid
Sepintar-pintar siasat"
Khususnya karena diucapkan oleh seseorang yang paling berpengaruh di tanah air pada saat itu, yang mendapat julukan "Raja Jawa tanpa Mahkota".

Yang mengharukan, setelah menjadi pemimpin SI yang anggotanya 2,5 juta orang, Tjokroaminoto yang saat itu berusia 33 tahun tidak memiliki penghasilan lain, kecuali dari rumah kos yang dihuni 10 orang itu. Setiap orang membayar Rp 11. Istri Tjokro, Soeharsikin, yang mengurus keuangan mereka.

Malah murid2nya yang keliatan kalem2, lebih temperamen dan ga sabaran. Memandang gurunya kuno dan lambat...akhirnya malah jd celaka sendiri. Buat yg belum tahu kalo beliau adalah gurunya Bung Karno, tokoh Koesno di film ini adalah Bung Karno Muda yang merupakan murid kesayangan beliau. Bahkan sampai dinikahkan oleh putrinya Oetari, sebagai istri pertama beliau. Sayang pernikahannya hanya berusia 2 tahun, karena Bung Karno lebih mengasihinya sebagai seorang adik.

Yang paling mengenaskan (ga ada di filmnya) adalah kisah 3 murid Tjokroaminoto: Soekarno, Semaoen dan Kartosoewirjo, yang bukannya bersatu, malah pecah dan saling bertikai. Bahkan sejak jaman gurunya masih hidup seperti di film. Sayang sekali, padahal mereka orang2 hebat, kalo saja bisa sampe bersatu, pasti Indonesia bisa makin jaya.

Lebih parahnya lagi, sejarah menuliskan bahwa Bung Karno yang semasa itu menjabat sebagai presiden, teman kos semasa di Surabaya (rumah gurunya), adalah orang yang menandatangani eksekusi mati Kartosoewirjo pada September 1962.

Malah tertarik buat nonton film lanjutannya, yg menggambarkan sepak terjang murid2nya. Tp ya itu digarap dengan lebih seru.

https://youtu.be/ubpILMZ9yLs

No comments:

Post a Comment