Sunday, February 15, 2015

Logitech G302 Deadalus Prime, Mouse Segala Arena


Cukup lama pencarian untuk sebuah mouse multi-fungsi yang sesuai untuk beragam keperluan, dengan kriteria "Best Bang for the Buck" atau dengan harga terbaik. Hingga akhirnya Logitech mengeluarkan sebuah product istimewa yang bisa memenuhi beberapa kriteria yang termasuk sulit untuk ditemukan pada "sebuah produk" di kelasnya.

Terus terang malas rasanya mengganti mouse untuk keperluan sehari-hari dan bekerja, dengan mouse khusus untuk gaming. Namun masalahnya, seringkali mouse yang dirancang secara khusus untuk bermain game, memiliki harga yang tinggi sehingga kurang praktis bagi mereka yang sekedar mencari mouse untuk keperluan sehari-hari seperti browsing atau pekerjaan kantoran. Belum lagi kadang bentuk mouse gaming yang cenderung lebih kompleks ketimbang mouse biasa, kadang terasa kurang nyaman di tangan untuk keperluan di luar gaming. Termasuk desain yang kadang tampak kurang cocok untuk sebuah meja kerja. Begitu juga sebaliknya, mereka yang memilih mouse biasa dengan harga yang lebih terjangkau, seringkali menginginkan fitur gaming yang dapat digunakan untuk bermain disaat selesai bekerja.

Dulu saya mengira bahwa banyak mouse yang bisa memenuhi berbagai kriteria di atas, hingga akhirnya saya sadar bahwa pada dasarnya tidak banyak pilihan terbaik untuk itu. Khususnya product dari perusahaan ternama yang sudah memiliki segudang pengalaman dalam mendesain "Kedua" jenis mouse, baik untuk kebutuhan sehari2/pekerjaan dan gaming. Logitech merupakan nama yang paling layak untuk itu, karena merupakan perusahaan terbaik yang memiliki beragam product berkualitas segala macam jenis mouse, sehingga tidak berlebihan apabila lahir sebuah product ideal yang bisa memenuhi segala macam aspek secara ideal.

Kriteria yang diinginkan adalah sebagai berikut:
1. Untuk keperluan sehari-hari seperti browsing internet dan mengerjakan dokumen
2. Untuk keperluan multimedia (Membuat musik dengan DAW Ableton, serta melukis dengan Corel Painter)
3. Untuk bermain segala macam game, khususnya MOBA seperti DOTA 2 dan FPS seperti Team Fortress 2 serta game2 lainnya.

Untuk keperluan sehari2/pekerjaan/multimedia, yang diinginkan adalah sebuah mouse dengan bentuk standard, namun memiliki akurasi sensor yang baik. Kualitas klik serta scroll wheel yang nyaman dan bisa diandalkan. Juga ukuran yang tidak terlalu besar dan cukup ringan, sehingga tidak melelahkan untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama. Plus material yang tidak mudah kotor, serta memiliki bahan yang tidak panas untuk digenggam secara terus menerus. Juga desain yang simple dan sesuai untuk sebuah meja kerja profesional. Dibandingkan dengan mouse Logitech G300s yang memiliki desain lebih kompleks, terasa beberapa tombol disamping telunjuk dan jari manis agak kurang nyaman untuk keperluan sehari-hari. Karena senantiasa bisa tersentuh, tanpa fungsi yang akan digunakan. Sehingga meskipun G300s merupakan gaming mouse yang sangat baik, dengan "klik" yang terasa lebih halus, untuk keperluan sehari-hari/pekerjaan G302 tetap menjadi pilihan penulis karena bentuk serta perletakan tombol yang lebih sesuai. Semua kriteria di atas, terdapat pada Mouse Logitech G302, sebagai bonus yang sangat menggiurkan dari sebuah mouse yang pada dasarnya di desain secara khusus untuk gaming! Kita bahkan belum memulai review dari beragam fitur istimewa dari mouse ini sebagai sebuah peripheral gaming yang sangat handal dan terbaik di kelasnya.



Sebagai sebuah gaming Mouse, Logitech G302 memiliki 3 kelebihan utama, yaitu Sensor yang sangat responsif dan akurat, Klik dengan respons yang solid serta scroll wheel yang sangat stabil. Dalam permainan DOTA 2, sebagai salah satu game terpopuler yang sangat mengandalkan mouse, terasa sekali perbedaan antara G302 yang memang khusus dirancang sebagai mouse permainan MOBA dibanding beberapa mouse lainnya yang menjadi perbandingan, baik jenis optic maupun laser. Sensor pada G302 yang mendukung resolusi hingga 4000 DPI memiliki response yang sangat cepat dan akurat meskipun tanpa smoothing/acceleration. Menggunakan type AM010, seperti yang digunakan oleh G402, sebagai type yang seringkali lebih diminati karena responsenya, ketimbang type 3310 yang lebih dikenal akan keakuratan kontrolnya. Didukung dengan klik yang dapat digunakan secara super cepat dengan sangat akurat, dimana hal ini sangat bermanfaat, khususnya bagi para "Power Creeping" dalam permainan DOTA 2. Dan bukan hanya cepat, namun reaksi klik yang diberikan juga sangat nyaman melalui switch yang agak membal dengan menggunakan Metal Spring Button Tensioning System. Sehingga sangat sesuai untuk aplikasi klik super cepat serta membutuhkan akurasi tinggi, sebagai salah satu yang terbaik.


Untuk scroll wheel, meskipun bunyinya tidak sesenyap mouse hi-end jenis tertentu, tapi ada satu hal yang mengesankan. Yaitu "klik" pada scroll wheel yang sangat stabil, tanpa terjadi pergerakan pada scroll wheelnya sendiri. Sebuah hal sederhana yang bisa mengganggu pada saat tertentu. Total terdapat 6 tombol programmable, dilengkapi dengan tombol sniper untuk pemilihan DPI pada bagian tengah yang dapat melakukan pilihan 4 DPI mulai dari 240 hingga 4000 DPI secara on the fly, serta 2 tombol backward-forward pada bagian ibu jari yang dapat diprogram sesuai dengan kebutuhan. Dimana letak ke-6 tombol tadi sangat ideal untuk berbagai permainan, khususnya DOTA 2, namun juga tidak berlebihan ataupun mengganggu untuk aplikasi harian/pekerjaan. Dan meskipun didesain secara khusus untuk MOBA, namun mouse ini juga dapat digunakan untuk game FPS atau game jenis lainnya dengan baik.



Khususnya untuk mereka yang menyukai mouse dengan bobot yang cenderung ringan. Bentuknya yang tidak terlalu besar, sesuai untuk mereka yang memiliki ukuran telapak tangan kecil hingga cukup besar. Juga desainnya, memungkinkan baik pengguna mouse type fingertip ataupun claw grip dapat menggunakannya dengan nyaman. Namun bentuknya yang "tidak biasa" mungkin butuh penyesuaian bagi sebagian orang. Akan sangat cocok untuk mereka yang menginginkan mouse yang bentuknya cukup panjang, namun memiliki bagian belakang yang agak datar, sehingga telapak tangan tidak harus terus menerus bersentuhan dengan permukaan mouse, yang secara otomatis memberi sensasi lebih teduh dan tidak panas. Bahan coating yang digunakan bersifat matte dengan hydrophobic feel seperti G402, yang cukup nyaman serta teduh untuk digunakan berjam-jam. Plus termasuk tidak mudah kotor dan cukup mudah untuk dibersihkan, sehingga cukup sesuai digunakan oleh mereka dengan telapak tangan yang mudah berkeringat. Mungkin sebagian orang menginginkan bahan karet untuk anti slip pada bagian samping, namun mouse tidak licin dan nyaman digunakan apa adanya, khususnya bagi mereka yang kurang menyukai bahan karet. Bobotnya yang ringan serta bentuk yang tidak terlalu besar juga menjadikan mouse ini sebagai pilihan yang ideal untuk mereka yang mobile dengan berbagai keperluan yang berbeda.


Ada satu hal unik yang menjadi kelebihan, serta kadang menjadi kritik pada product ini. Yaitu bentuk yang pada dasarnya Ambidextrous, sehingga bisa menjadi mouse baik bagi pengguna tangan kiri ataupun tangan kanan. Namun perletakan 2 buah tombol pada bagian kiri, spontan membuat mouse yang bentuknya simetris antara bagian kanan dan kiri ini, lebih menyerupai mouse untuk pengguna tangan kanan. Tetapi dari sisi positif pada dasarnya "bentuk" mouse ini, memungkinkan digunakan oleh pengguna mouse dengan tangan kiri, dengan mengorbankan dua buah tombol tadi. Yang tentu saja akan membuat sebagian gamer yang menggunakan tangan kiri enggan untuk membeli mouse ini. Namun anda bisa saja memberikan mouse ini sebagai hadiah untuk pengguna mouse tangan kiri "non gamer" saat ingin mengganti dengan type yang lebih baru pada suatu saat nanti.


Logitech juga melengkapi mouse ini dengan sebuah "Gaming Software" untuk berbagai macam keperluan penyesuaian yang tidak kalah lengkapnya. Mulai dari pengaturan DPI hingga berbagai fungsi pada semua tombolnya beserta onboard scripts dan macros. Hingga penyesuaian lampu pada mouse, baik tingkat keredupan atau intensitas on/offnya, juga lampu pada logo huruf "G" ataupun pada bagian samping dengan motif "Honey Comb" bisa dimatikan secara total. Sebuah fitur yang kadang diinginkan pada sebuah meja kerja non gaming. Mouse juga langsung dapat digunakan tanpa menggunakan driver pada komputer dengan Operating System Windows 8.1 yang digunakan untuk mencoba. Bahkan dengan internal memory, G software tidak perlu untuk senantiasa diaktifkan.




Digunakan bersama dengan Mouse Pad Logitech G440, type Hard berukuran 340 X 280 mm yang memang dirancang  secara khusus untuk G series, membuat Mouse G302 bisa meluncur dengan sangat smooth dan terasa sangat elegan serta nyaman. Dimana hal ini sangat mendukung dalam melakukan gerakan manuver super cepat atau kontrol lambat yang akurat, sebagai fitur yang sering kali sangat dibutuhkan dalam permainan seperti DOTA 2 atau game lainnya. Kadang ada pemain yang cenderung untuk melepaskan kaki2 pada bagian tengah bawah mouse atau yang biasa disebut "Skates" untuk gerakan yang lebih mengikuti tangan, namun dengan Mouse Pad ini hal itu tidak perlu dilakukan, bahkan kaki2 itu menambah kestabilan mouse yang memiliki center beban di tengah ini. Khususnya karena bobot G302 yang cenderung ringan, sehingga dapat membantu pada saat melakukan gerakan lambat. Mouse Pad ini memiliki keunikan konstruksi "Multi-Layer" dengan lapisan paling bawah yang sangat stabil dan tidak tergoyahkan dengan materi karet berkualitas. Yang secara solid merekat pada lapisan tengah polystyrene untuk feel mousepad yang rigid serta stabil pada seluruh permukaan. Hingga lapisan paling atas dengan materi Polypropylene yang bukan saja tidak mudah kotor, namun juga sangat mudah untuk dibersihkan. Seluruh hal tadi, membuat pengalaman menggunakan Mouse G302 menjadi semakin nyaman, solid dan membuatnya menjadi investasi jangka panjang yang sangat menarik.

Sehingga, sangat jelas bahwa mouse type G302 ini bisa menjadi pilihan mouse multi-fungsi yang sangat ideal, dengan harga yang masih terjangkau untuk sebuah product handal di kelasnya. Sangat direkomendasikan untuk mereka yang sedang mencari Gaming Mouse yang akan sekaligus digunakan untuk beragam kepentingan lainnya, dengan harga terbaik di kelasnya. Yang penting coba terlebih dahulu sebelum membeli dan pastikan bentuknya yang unik sesuai dengan ukuran tangan, serta kebiasaan grip anda. Juga fitur2nya sesuai dengan yang diinginkan. Tapi yang jelas ini adalah salah satu mouse untuk game MOBA terbaik yang pernah ada. Highly Recommended!

Link product:
G302: http://gaming.logitech.com/en-us/product/moba-gaming-mouse-g302
G440: http://gaming.logitech.com/en-us/product/g440-hard-gaming-mouse-pad


2 comments: